Beberapa Keahlian Tentang Android yang Harus Kamu Tahu agar Tidak Gaptek

Android merupakan OS smartphone yang semakin menjadi, bahkan bukan hanya di HP saja karena kini android banyak terpasang di tablet, jam pintar, tv, dan sebentar lagi bakalan nempel di komputer (percaya aja deh!).


Kemudahan menggunakan android adalah salah satu hal yang membuat banyak orang nyaman menggunakan OS dari google ini, makanya google terus mengembangkan aplikasinya dan menambah kegunaan android untuk segala jenis barang eletronik yang ada di dunia.

Namun sayangnya banyak pemakai android, khususnya smartphone tidak tahu hal-hal sederhana yang ada di dalamnya. Hal ini terkadang yang membedakan mana android user gaptek dan mana yang melek informasi. Nah kali ini saya akan memberikan beberapa keahlian dasar tentang android yang mesti kamu pelajari agar tidak gaptek lagi,
  1. Maksimalkan fungsi Google di HP kamu dengan memakai berbagai aplikasi yang disediakan, misalnya youtube, gmail (kan lucu kalau pakai android emailnya masih yahoo!), google search, map, drive, google keep, photos, play music, dan lain sebagainya. Saya yakin android kamu sudah terintegrasi dengan banyak aplikasi dari google kok.
  2. Pahami aplikasi yang kamu pakai! Ini adalah hal yang sangat penting karena dari kebanyakan hp yang saya lihat memiliki banyak aplikasi yang sungguh tidak penting sama sekali, dan parahnya mereka tidak tahu bahwa itu aplikasi berbahaya, atau aplikasi yang memakan ruang penyimpanan HP. Paling akhir mereka hanya akan mengeluh "kok hp aku lemot yah!"
  3. Pakai smartphone tapi tidak bisa intal atau uninstal aplikasi? Nyatanya masih banyak loh, seperti poin kedua tadi, banyak yang tidak bisa atau tidak sadar dengan apa yang ada di dalam hp canggihnya itu.
  4. Jangan menggunakan aplikasi yang fungsinya semacam! Saya pernah diketawain teman ketika mereka melihat hp saya dan menemukan ada 2 aplikasi pemutar musik, mereka memainkan semuanya untuk menyindir saya dan mereka tertawa terbahak-bahak (memalukan).
  5. Pemakai android yang jago pastinya memiliki baterai yang awet, paling tidak bisa tahan beberapa jam lamanya. Karena biasanya mereka akan menggunakan hp dengan bijak, mematikan aplikasi yang tak terpakai, dan mematikan jaringan saat mendesak (kamu sehari ngecharg hp berapa kali?)
  6. Android user amatiran biasanya boros kuota (yakin deh), kenapa? Mereka sudah daftar paket internet, tapi bingung mau dipakai buat apa (benar!). Biasanya kerjaan mereka download aplikasi yang aneh-aneh terus diuninstal lagi, streaming video gak penting, download lagu banyak banget, bahkan mereka jarang ada yang membuka browsing untuk mencari pengetahuan.
  7. Rooting adalah salah satu ciri programer android (kelas newbie), mereka tahu bagaimana memaksimalkan androidnya. Kalau kamu belum bisa, kenapa tidak belajar kakak?
Dan masih banyak lagi keahlian-keahlian dasar android yang harusnya kita pahami, apalagi untuk pemilik counter, kalau ada pelanggan nanya tentang androidnya dan kamu tidak tahu, beuhh siap-siap disuruh tutup tuh counter wkwk.

Updated at: 8:47 PM