Tips Menjual Handphone Bekas Pakai yang Menguntungkan

Pada umumnya kita akan mengalami kerugian ketika membeli handphone baru dan menjualnya kembali dengan kondisi bekas, misalnya saja kita membeli sebuah handphone samsung adnroid dengan harga Rp 2.000.000, 00, setelah beberapa waktu pemakaian dan kita akan menjualnya kembali, pastinya harga handphone ini akan turun hingga Rp 1.000.000, 00 bahkan lebih rendah lagi. Namun saya punya sebuah cerita dari teman yang memberikan Tips Menjual Handphone Bekas Pakai yang Menguntungkan.

Kala itu teman saya membeli handphone Asus android dengan harga Rp 1.500.000, 00 dalam kondisi baru di salah satu counter. Setelah 3 bulan pemakaian, teman saya ingin ganti HP baru, dan dia memilih untuk mencari HP bekas di salah satu forum jual beli yang ada di FB.

Di situ dia menemukan salah satu penjual HP yang menawarkan HP Lenovo bekas dengan harga bekas Rp 1.000.000, 00. Lalu teman saya menawarinya tukar-tambah dengan HP ASUS miliknya, ternyata sang penjual tertarik dengan penawaran teman saya itu. Setelah terjadi tawar-menawar harga, akhirnya HP teman saya dihargai Rp 1.200.000, 00 karena kondisinya masih bagus dan baru 3 bulan, sedangkan HP Lenovo sang penjual akhirnya kena di harga Rp 500.000, 00 karena setelah diceck ada beberapa kerusakan ringan yang membuat harganya turun, jadi teman saya menukarkan HP miliknya dengan HP sang penjual ditambah uang Rp 700.000, 00.

Setelah transaksi itu, teman saya memperbaiki HP bekas yang dia dapatkan, hanya mengganti casing dan beberapa onderdil lain yang menghabiskan uang Rp 50.000, 00 saja. Setelah beres, teman saya memposting HP miliknya di forum jual-beli HP dengan penawaran yang tinggi, dia tahu harga bekas HP itu masih tinggi, jadi dia memajang harga Rp 1.200.000, 00, dan tidak perlu waktu lama datanglah pembeli yang mau membeli dengan harga Rp 1.150.000, 00 setelah melakukan penawaran.

Berapa keuntungan teman saya? HP barunya harga Rp 1.500.000, 00, tukar-tambah mendapat HP lenovo + uang tunai Rp 700.000, 00, dan setelah HP Lenovo itu laku dengan harga Rp 1.150.000, 00, dikurangi biaya penggantian casing sebesar Rp 50.000, 00, maka teman saya mendapatkan keuntungan sekitar Rp 300.000, 00 dari penjualan HP bekas yang dia beli dalam kondisi baru itu.


Dari cerita teman saya itu, ternyata ada tips khususnya juga untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan HP bekas pakai. Yang penting tahu informasi harga terbaru, tahu kualitas dan minat pasar, dan tentu saja ilmu bisnis yang harus dikuasai.

Updated at: 10:16 PM