Tips & Trik Mudah Merawat Baterai Smartphone Android Agar Awet

Berawal dari kejengkelan saya dengan keadaan baterai android saya yang cepat habis, akhirnya saya tergerak mencari informasi tentang bagaimana cara merawat baterai smartphone agar awet dan bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama. Dari berbagai artikel yang saya baca, ternyata banyak juga informasi palsu yang menuliskan cara merawat baterai yang bukannya jadi awet malah cepat rusak, dan dari beberapa info yang saya dapatkan, maka saya menuliskan beberapa info yang asli tentang Tips & Trik Merawat Baterai Smartphone Android Agar Awet.

  1. Dari pertama membeli smartphone, biasanya baterai sudah terisi entah penuh atau setengahnya saja. Gunakan daya itu hingga mendekati batas habis, lalu matikan HP dan charger (biasakan mencharger hp dalam keadaan mati) dalam waktu yang cukup lama (tapi jangan terlalu lama). Dari pengalaman saya, baterai baru yang dicharge lama, nantinya bisa menampung daya yang lebih banyak juga, dan biasanya info ini jarang ditulis di internet maupun sumber info lainnya.
  2. Gunakan smartphone secara wajar dan seperlunya saja, matikan aplikasi yang sedang tidak terpakai (wifi, bluetooth, flash kamera, dll), jangan melakukan syncronisasi, instal aplikasi penghemat daya (jika perlu), matikan data internet ketika dalam perjalanan (ini penting karena dalam perjalanan makan hp otomatis akan mencari sinyal dan memakan daya baterai), gunakan GPS seperlunya, turunkan kecerahan layar, jangan menggunakan live wallpaper, matikan notifikasi aplikasi otomatis, jaga dari suhu yang ektrim.
  3. Gunakan charger original (kalau tidak ada yang ori bisa diganti dengan yang berkualitas), jika mengganti baterai belilah yang berkualitas walau lebih mahal, jangan membeli yang kw (cepat rusak), jangan terlalu sering memakai power bank (lama-lama merusak baterai).
Tips yang saya sampaikan di atas adalah kumpulan info dan pengalaman yang saya dapatkan selama memakai smartphone android, namun tips dan trik di atas juga tepat untuk merawat smartphone lain seperti Blackberry, iPhone, maupun smartphone lain yang memakai OS windows phone.

 
sumber gambar : dqindia.com

Itulah sedikit informasi tentang Tips & Trik Merawat Baterai Smartphone Android Agar Awet yang  saya tuliskan, semoga bisa membantu anda dalam menjaga kualitas dan kekuatan baterai smartphone anda. Dan yang saya tegaskan di sini adalah fakta bahwa segala jenis smartphone memang boros baterai, kenapa? Karena aplikasi yang ada dan kecanggihan yang membutuhkan daya juga, di dunia ini gak ada yang sempurna hehehee...

Updated at: 3:10 AM